Sudah berlangganan artikel blogdahsyat dengan RSS Feed?

27 April 2009

Laptop Untuk para Gamers

Untuk para gamers, penggunaan PC sebagai alat pemuas hobi adalah hal yang sudah umum mengingat perkembangan game PC maupun Console yang sangat pesat. Jumlah game PC sudah semakin banyak bahkan melebihi judul game di game console yang seyogyanya merupakan device yang mengkhususkan diri di bidang game. Dalam perkembangannya yang pesat ini game yang canggih diikuti pula dengan perkembangan teknologi grafis yang canggih pula, contohnya ATI RADEON HD 4870 X2 2GB yang sudah menggunakan teknologi GDDR 5 sudah dipastikan game dengan high quality bisa dimainkan dengan mulus dan lancar. tapi kocek yang dikeluarkan pun tidak sedikit,setidaknya VGA ATI Radeon tersebut dibandrol sekitar Rp. 7.500.000 sebuah harga yang diatas wajar menurut saya hanya untuk sebuah VGA :P .

Demam penggunaan laptop di Indonesia sedang tinggi ini bisa dilihat dengan jumlah penjualan laptop di beberapa sentra penjualan komputer yang terus meningkat. mulai dari vendor ternama seperti ACER,HP,Sony,Asus sampai Vendor lokal seperti Axio,Byon,Advance semua mencoba menghadirkan laptop dengan berbagai jenis ( berterima kasihlah para vendor tersebut pada tukul karena acaranya telah meningkatkan penjualan laptop di Indonesia...hehe) karena perkembangan ini pula mulai banyak gamers yang beralih menggunakan laptopnya sebagai sarana penyaluran hobinya.

Dari berbagai jenis laptop yang ditawarkan vendor, hanya sebagian kecil yang mengkhususkan diri di bidang games karena investasi yang dibutuhkan vendor untuk memproduksi laptop yang mampu menjalankan game dengan grafik yang bagus sangatlah tinggi. Standarnya memang laptop bukan diperuntukan untuk bermain games terutama games yang membutuhkan resource komputer yang berat seperti Assassin creed yang tidak mungkin bisa dijalankan di laptop yang hanya menggunakan VGA onboard 128 dari Intel yang biasanya memang terpasang di laptop kebanyakan.

Konsep untuk menjadikan laptop menjadi sebuah "game console" masa depan telah lama dicetuskan dan diimpikan para gamers. lihatlah contoh Apple tribox concept yang merupakan laptop yang terdiri dari 3 layar OLED yang digabung menjadi satu.



Apple Tribox concept
Seperti namanya yang baru tahap concept maka Laptop ini belum di produksi massal tapi hal ini memberikan inspirasi bagi vendor untuk merealisasikan concept dari sebuah laptop gaming.

Para vendor besar menganggap ini sebagai tantangan dan mulai memproduksi laptop yang dikhususkan untuk gaming diantaranya Asus W90Vp-X1, Gateway P-7808u FX edition Core 2 Quad 17,Toshiba Qosmio X305-Q725,Alienware Area-51 m17x. merk-merk diatas tidak lagi menggunakan standar sebuah laptop terutama dalam teknologi grafis dan proccesornya. contohnya Toshiba Qosmio yang menggunakan Intel core 2 Quad sebagai otaknya ditambah dengan NVIDIA GeForce 9800M GTX - 1 GB untuk memperlancar game experience penggunanya. Ram yang digunakan laptop jenis ini pun sudah tidak lagi standar hampir semuanya berkapasitas diatas 2Gb bahkan Asus W90Vp-X1 menancapkan 6Gb Ram dalam sistemnya. Karena Fiturnya yang fantastis tersebut maka harga yang ditawarkan pun sama fantastisnya. Laptop jenis ini dijual dengan kisaran harga US$1500 - US$3000. Tetapi dengan fitur yang ditawarkan tersebut sangat realistis dan sebanding dengan kualitas dan performa yang akan didapatkan daripada membeli laptop yang hanya menjual prestige seperti Acer Ferrari yang harganya tidak jauh beda dengan gaming laptop tapi dengan kemampuan yang "standar" menurut saya.

Akhirnya keputusan ada ditangan kamu, mau beli laptop untuk apa? untuk bermain game , kerja atau untuk sekedar gaya? the choice is in your hand.


0 Tanggapan:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan Tulis Komentar Kamu, jangan SPAM ya!

 

Tulisan yang lain

About Author

Foto saya
blogdahsyat adalah blog pribadi saya yang menyimpan gagasan,pemikiran dan hal yang terpikirkan ketika berada di internet.. :P