Sudah berlangganan artikel blogdahsyat dengan RSS Feed?

24 Maret 2009

Amankan Facebookmu

Demam facebook sudah semakin menggila,terutama bagi kalangan muda Indonesia yang terkenal latah dengan sesuatu yang baru digandrungi, seperti adenya temen saya yang masih SMP yang tadinya Friendster mania mulai beralih ke facebook. Karena semakin banyaknya pengguna facebook maka semakin rentan terhadap serangan orang-orang iseng yang berkeliaran di Internet. Contohnya adalah program Facebook Freezer (kalo mau coba klik aja,hati-hati dosa ditanggung sendiri :P) dengan hanya memasukan alamat email korban maka dia ga bakalan bisa login ke accountnya di facebook sebelum sang orang iseng meng-undfrezeenya (jadi inget deepfreeze :P ) . seperti halnya windows yang menjadi sasaran virus maker karena banyak usernya maka facebook pun tidak luput dari cracker yang iseng. Ada beberapa tips untuk mengamankan Account facebook kamu dari kerjaan orang iseng.


1. JANGAN login dari http://www.facebook.com
Halaman ini tidak dienkripsi. Informasi login Anda (email dan password) dienkripsi. Namun, Sejak login form dimasukan dalam frame website, kita tidak dapat melihat apakah itu terenkripsi atau tidak. Gambar berikut ini menunjukkan bahwa tidak ada tanda kunci (https diaktifkan) di kanan bawah.




Penyerang dapat menggunakan situs Facebook palsu untuk mencuri password pengguna tanpa menimbulkan kecurigaan dari korban sama sekali.

2. Melakukan login dari https://login.facebook.com/login.php?Login_attemp=1
Bila kamu sedang dalam http://www.facebook.com klik Login botton tanpa isi email dan password.




kamu akan secara otomatis diarahkan ke halaman login dienkripsi.

3. JANGAN melanjutkan proses login jika ada suatu peringatan keamanan
Jika anda klik Ya, mungkin orang jahat menyerang Anda dienkripsi lalu lintas (https sesi). Tekan tombol ESC pada keyboard Anda untuk menghentikan proses login.

4. Jangan lupa untuk logout
Jika Anda tidak menggunakan komputer sendiri, hanya menutup browser akan meninggalkan sesi login yang akan digunakan oleh orang lain. Saya menemukan hal ini berkali-kali di depan PC umum (warnet).

5. JANGAN bekerja dengan hak akses administrator
Berselancar di Internet, membuka email, foto, dokumen dan kegiatan lainnya sangat tidak disarankan menggunakan user account dengan hak administrator. ini sangat berbahaya! Sayangnya, mayoritas pengguna Windows bekerja dengan hak istimewa administrator, jadi aga sulit untuk mencegahnya kecuali kamu menggunakan linux

6. Waspada Facebook Widget berbahaya
Widget, aplikasi pihak ketiga, memungkinkan para penulis untuk mengakses informasi sensitif atau menginstal spyware di komputer target. Sudah terdapat dua aplikasi facebook yang menyerang penggunanya yaitu Secret Crush dan Error Check System.

7. Waspada dengan komputer yang tidak aman
Komputer yang tidak aman bisa komputer manapun yang tidak patch, tidak memiliki update anti virus, atau yang terinfeksi oleh malware. Komputer terinfeksi oleh worm Koobface (koob = buku), atau Keylogger malware program pencuri password pengguna ( hati-hati ada beberapa warnet yang memasang keylogger di clientnya).

8. Hati hati menggunakan Wifi internet
Hanya proses login Facebook yang dienkripsi menggunakan SSL / TLS (https). cookie Facebook kamu dapat dengan mudah diambil dari udara (secara wireless). Wi-Fi yang dilindungi dengan enkripsi WEP dapat dengan mudah rusak dalam waktu maksimal 10 menit. Orang jahat bisa menyediakan Wi-Fi gratisan. Dia memberi kamu akses gratis dan kamu memberikan dia semua informasi tanpa enkripsi , termasuk Facebook cookie. Jangan menyimpan informasi pribadi atau sensitif di Facebook ( jangan terlalu jujur isi profile facebook)

9. Berpikirlah sebelum klik sesuatu
Klik URL di wall Facebook adalah risiko. Orang jahat dan malware (berbahaya) seperti yang dilakukan Koobface,dia menggunakan kode maliciouse dengan cara posting di wall korbannya. dan juga mudah sekali menipu keluarga atau teman Anda di Facebook dengan menciptakan account lain dengan nama yang sama yang dikenalinya sehingga menariknya untuk mengklik.

10. Peringatkan keluarga dan teman-teman kamu agar waspada
Kunci utama untuk membuat kamu aman adalah memastikan keluarga dan teman-temanmu juga menyadari berbagai risiko keamanan.

Tips ini bisa pula diterapkan jika kita ingin terhindar dari berbagai ancaman dunia internet dan komputer seperti virus dan trojan. jangan terlalu bergantung dengan antivirus karena ada pepatah mengatakan "man behind the gun" yang terpenting adalah orang yang ada dibalik alat bukan alatnya.

thanks to http://think.securityfirst.web.id/




0 Tanggapan:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan Tulis Komentar Kamu, jangan SPAM ya!

 

Tulisan yang lain

About Author

Foto saya
blogdahsyat adalah blog pribadi saya yang menyimpan gagasan,pemikiran dan hal yang terpikirkan ketika berada di internet.. :P