Sudah berlangganan artikel blogdahsyat dengan RSS Feed?

24 Mei 2009

Masuk ke Modem Komputer Lain

Beberapa Bulan yang lalu saya pernah main di Internet Cafe ( warnet) punya teman saya. ga ada masalah dengan koneksinya,semuanya lancar tapi emang dasar iseng saya coba-coba buka alamat modemnya yang mudah-mudahan masih default maka sayapun memasukan alamat 192.168.1.1 dan rupanya memang masih default dan keluarlah prompt permintaan username dan password. dengan pedenya saya masukin username dan passowrd default yaitu admin dan saya pun sukses masuk kedalam modemnya yang dalam keadaan PPPoE mode. Saya penasaran kenapa dia masih membiarkan modemnya dalam keadaan default, ketika saya tanyakan ternyata jawabannya "ah,kalo memang diotak atik orang tinggal reset aja", " jarang-jarang orang iseng masuk kesana ko". Sekilas hal ini memang tidak berbahaya tapi akan cukup merepotkan jika ada orang iseng yang tahu username & password modem kita kemudian merubahnya secara sepihak. akan ada waktu dan uang yang terbuang untuk mengembalikan username dan password kita itu jika menggunakan speedy tentu saja kita harus mendatangi plasa telkom untuk meminta password baru.


Melihat Fenomena ini saya iseng ingin melihat seberapa banyak sih orang yang masih menggunakan username dan password default untuk modem mereka. Untuk melakukan ini saya menggunakan cara lama mungkin sudah banyak yang tahu.

Pertama buka www.robtex.com dan akan terbuka informasi mengenai IP address kita

kemudian pilih C-net checks an entire c-network untuk melihat IP tetangga kita,klik Ip addresnya.

Setelah itu akan muncul daftar IP yang merupakan Tetangga kita banyaknya tergantung dari seberapa banyak IP tetangga yang terdaftar dalam 1 subnet kita.
Kalau sudah,tinggal jelajahi saja IP itu satu persatu langsung dengan menggunakan browser andalan mu. disini saya coba 125.163.59.9  yang entah punya siapa, maka akan muncul konfirmasi username dan password

Tinggal masukan username dan password default untuk modem TP-Link TD-8817 2.0 yaitu admin,maka kita akan langsung dibawa ke halaman status modem. masuk ke interface setup tempat dimana username dan password speedy tersimpan. untuk dapat melihat password yang menggunakan tanda **** liat source dari framenya.

Maka akan muncul source code dari page konfigurasi modem tersebut, cari usernamenya dan tepat dibawahnya kamu akan menemukan password.

Maka akan terlihat password dari account speedy yang bersangkutan. teknik ini hanya berlaku untuk yang menggunakan modem TP-Link TD-8817 ( kebanyakan pengguna speedy menggunakan ini ) lalu apa gunanya? tak ada sama sekali karena speedy hanya membolehkan koneksi dengan 1 jalur 1 account jadi jika menggunakannya untuk jalur speedy yang lain tidak akan berguna. bagi saya pribadi gunanya adalah untuk pengetahuan saja dan sebagai bukti bahwa ternyata banyak sekali orang yang tidak mengganti password default dari modemnya dan membiarkannya terbuka untuk umum. Untungnya dari beberapa warnet yang pernah saya tangani semuanya sudah tidak default lagi dan kebanyakan menggunakan mode bridge dengan dialer mesin linux.

Dari 10 Ip address yang saya test 7 diantaranya menggunakan TP-Link TD-8817 dan semuanya menggunakan password default sisanya menggunakan non-TP-link dan username dan password sudah dirubah (bagus). dan dari 7 pengguna TP-link tersebut 5 diantaranya menggunakan mode PPPoE bukan Bridge sehingga password accountnya bisa terlihat.

Untuk amannya selalu ganti username dan password default bawaan modem terutama modem bonus gratisan dari telkom dan jika memungkinkan gunakan mode bridge untuk keamanan lebih dan mengurangi beban modem sehingga lebih awet.

Mohon tidak menggunakan teknik ini untuk hal-hal yang merugikan


0 Tanggapan:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan Tulis Komentar Kamu, jangan SPAM ya!

 

Tulisan yang lain

About Author

Foto saya
blogdahsyat adalah blog pribadi saya yang menyimpan gagasan,pemikiran dan hal yang terpikirkan ketika berada di internet.. :P